MANFAAT MINYAK WIJEN

(Sesamum indicum)

Minyak wijen adalah minyak nabati  yang berasal dari ekstraksi biji wijen. Minyak wijen terdiri dari dua jenis, minyak dari biji wijen yang telah disangrai dan minyak dari biji wijen mentah.

Biji wijen memiliki nutrisi bermanfaat yang limpah sehingga memberikannya kemampuan untuk mencegah, melawan, serta memulihkan beraneka ragam penyakit. Biji wijen terutama kaya akan kandungan magnesium, kalsium, tembaga, serta mangan. Dalam setiap 1 ons biji wijen, terdapat 0.7 mg mangan, 0.7 mg tembaga, 277 mg kalsium, dan 99.7 mg magnesium. Minyak wijen mengandung antioksidan sesamol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh.

Sejarah

orang Assyria sudah memanfaatkan minyak wijen sebagai bahan makanan, obat, dan obat gosok terutama oleh orang kaya.  Pada waktu itu, minyak wijen sulit didapat sehingga harganya mahal.

Orang Hindu memakai- nya sebagai minyak  lampu, dan memperlakukannya sebagai minyak suci. Menurut kepercayaan Hindu, menyalakan lentera berisi minyak wijen di depan  Hanoman  dipercaya dapat menghilangkan kesulitan dalam hidup.

Pemanfaatan

Di India Selatan dan Myanmar, minyak wijen dari dari biji wijen mentah dipakai sebagai minyak goreng. Minyak wijen dituangkan sebagai penyedap dalam  masakan KoreaCina, dan Taiwan. Di Cina, Korea, dan Jepang, biji wijen disangrai lebih dulu sebelum diperas menjadi minyak. Hasilnya adalah minyak berwarna cokelat keemasan dan berbau harum. Minyak wijen dari India berwarna kuning keemasan. Minyak wijen berwarna bening didapat dari hasil ekstraksi biji wijen mentah dan aromanya kurang harum. Suhu sewaktu mematangkan biji wijen memengaruhi minyak yang dihasilkan. Minyak wijen untuk masakan Cina berwarna lebih gelap karena biji wijen disangrai dengan suhu di atas 200 C.

Berikut beberapa Manfaat Minyak Wijen :

  1. Manfaat memasak menggunakan minyak wijen 

Seperti dikutip dari boldsky, minyak wijen ini boleh digunakan sebagai bahan memasak sehari-hari. Ia dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari ancaman penyakit jantung.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan sesamin dan sesamol yang merupakan lemak baik di dalam minyak wijen dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan aman.

  1. Mencegah kanker

Aneka gorengan, makanan siap saji cenderung membawa ancaman kanker pada wanita, baik kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, dan lain sebagainya. Nah, mengatasi hal ini Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Minyak wijen inilah yang bisa menjadi salah satu solusi makanan sehat. Mengandung antioksidan yang membantu memerangi radikal bebas, minyak wijen akan menjauhkan dari ancaman kanker, serta penyakit berbahaya lainnya.

  1. Menurunkan kolesterol

Karena kandungan HDL (lemak baik) di dalam minyak wijen, maka ia efektif membantu menurunkan LDL (lemak jahat). Konsumsinya tentu saja tidak boleh berlebihan. Dapat digunakan sebagai bahan campuran salad atau menumis.

  1. Anti-oksidan

Minyak wijen memiliki sifat anti-oksidan untuk menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kulit tampak lebih tua. Minyak wijen dengan mudah menembus kulit dan memberikan makanan bagi sel.

Ahli ayurveda merekomendasikan untuk mendapatkan manfaat antioksidan secara maksimal, hanya gunakan minyak wijen organik dan panaskan hingga 100 derajat Celsius kemudian biarkan dingin sebelum digunakan.

  1. Anti Bakteri

Minyak wijen mampu menghancurkan patogen kulit. Mengoleskan minyak wijen pada kulit dapat membantu mencegah jerawat, ruam, dan gangguan kulit lainnya.

  1. Efek Menenangkan

Kerutan akan lebih mudah muncul ketika kita mengalami stres. Memijat wajah akan membantu meredakan ketegangan dan kontraksi pada otot wajah sehingga memnuat Anda tampak lebih muda.

Minyak wijen juga membantu meringankan insomnia dan mencegah migrain.

  1. Moisturizing

Minyak wijen bisa melembutkan kulit, mengurangi kekeringan kulit, dan membantu kulit mempertahankan kelembaban. Minyak wijen bahkan dapat digunakan untuk membantu orang yang mengalami eksim atau psoriasis

  1. Mencegah darah tinggi

Sebuah penelitian di Jepang membuktikan bahwa minyak wijen efektif membantu mencegah darah tinggi. Kandungan sesaminnya ampuh dijadikan salah satu bahan diet. Dan apabila dikonsumsi secara rutin maka dapat mencegah darah tinggi.

  1. Meredakan Nyeri

Minyak wijen memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit di daerah wajah dan tempat lain di tubuh.

  1. Menambah aroma dan rasa

Kelebihan minyak wijen dibandingkan minyak nabati lainnya adalah memaksimalkan aroma dan rasa. Minyak wijen ini bisa dijadikan bumbu yang membuat masakan semakin sedap

12. Mengontrol Diabetes

Kontrol diabetes Anda dengan mengonsumsi minyak wijen. Kandungan magnesiumnya dapat melindungi kebutuhan insulin sehingga cocok dikonsumsi mereka yang menderita diabetes.

  1. Menyehatkan usus

Bila Anda memiliki problem pencernaan, maka Anda disarankan mengonsumsi minyak wijen dan menggantikan minyak lainnya. Minyak wijen telah terbukti dapat menyembuhkan segala problem pencernaan serta menyehatkan usus.

Kesehatan rongga mulut

Dan uniknya lagi, minyak wijen ini dapat membantu menjaga kesehatan rongga mulut. Secara alami ia akan membantu melawan pembentukan plak dan karang gigi, serta menjaga agar mulut tetap higienis.

Semoga Bermanfaat.. !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s